BLT Hanya diberikan Kepada Keluarga Kurang Mampu

Edi Susanto

SENTANI- Pemerintah Daerah Kabupaten Jayapura secara bertahap melakukan penyaluran bantuan langsung tunai (BLT) terhadap masyarakat kurang mampu di wilayah kabupaten Jayapura.

Asisten II bidang perekonomian setda Kabupaten Jayapura, Edi Susanto mengatakan, bantuan langsung tunai yang diberikan kepada masyarakat ini khusus untuk keluarga yang benar-benar tidak mampu secara ekonomi dan itu berdasarkan hasil survei validasi dari tingkat RT dan RW setempat.

“Yang tidak pernah mendapatkan bantuan sosial lainnya dan mereka juga masuk dalam kategori masyarakat tidak mampu secara ekonomi,” ungkap Edy Susanto kepada wartawan di Sentani, Rabu (10/6).

Meski begitu pihaknya meminta kepada seluruh masyarakat di wilayah kabupaten Jayapura khususnya para penerima manfaat yang belum menerima bantuan tersebut untuk menyampaikannya kepada RT ataupun RW setempat.

“Kalau ada masyarakat yang benar-benar harusnya mendapatkan bantuan tetapi belum mendapatkan bantuan, dipersilakan untuk melapor atau menyampaikan kepada RT atau RW setempat,” ujarnya.

Kendati demikian kata dia untuk BLT dari Dana Desa itu memang ada kriterianya. Sehingga ada masyarakat yang mungkin belum mendapatkan bantuan tersebut karena tidak sesuai dengan aturan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah. Pada dasarnya masyarakat yang mendapatkan bantuan ini merupakan masyarakat kurang mampu yang tentunya sudah divalidasi oleh pihak RT dan RW setempat dan yang paling penting yang bersangkutan juga belum pernah mendapatkan jenis bantuan apapun dari pemerintah.

“Jadi saran kami kalau sudah disampaikan ke RT, selanjutnya RT dan RW ini akan menyampaikan laporan tersebut kepada pemerintah di tingkat distrik, kemudian distriklah yang akan menyampaikan kepada Bupati melalui dinas sosial,” ungkapnya. (*)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *