Dinas Kominfo Merencanakan Kabupaten Jayapura Memiliki Command Center Tahun 2019

Sentani,JPR – Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Jayapura selaku pelaksana dan perumus kebijakan teknis di bidang Komunikasi dan Informatika, ingin membuat inovasi teknologi yang bisa mengoptimalkan pelayanan atas berbagai keluhan maupun pengaduan masyarakat yang jadi tugas pokok dan fungsinya (tupoksinya). 

Pemerintah Kabupaten Jayapura melalui Dinas Kominfo Kabupaten Jayapura merencanakan akan mengimplementasikan Command Center Pada Tahun 2019. Untuk itu pada Tahun 2018 yang tinggal sedikit lagi berakhir Dinas Kominfo Kabupaten Jayapura berupaya untuk penyelesaian Perencanaan Command Center di akhir tahun ini. Dan pada Tahun 2019 direncanakan untuk pengerjaan fisik Command Center. Untuk perencanaan Command Center dianggarkan dana Rp. 300.000.000, dana tersebut berasal dari APBD 2018.

Command Center adalah salah satu ruang untuk penerapan teknologi informasi yang terpusat di suatu ruangan yang biasanya dikemas secara futuristik dan dilengkapi dengan teknologi canggih, seluruh pengaduan dan keluhan masyarakat akan secara cepat masuk, ditampung dan ditindaklanjuti oleh Organisasi perangkat Daerah (OPD) terkait.

Kabupaten Jayapura yang diwakili oleh Dinas Kominfo, telah melalui beberapa tahapan seperti kunjungan beberapa kali ke Laboratorium Smart City Nusantara (SCN) Telkom di Jakarta, telah mengundang tenaga ahli/teknis Smart City dari Telkom untuk berkunjung ke kantor Bupati Jayapura terkait rencana pembangunan Command Center Kabupaten Jayapura dan desain teknis awal telah dilakukan oleh tenaga teknis dari Lab SCN Telkom Jakarta.

Diharapkan Command Center bisa cepat direalisasikan sesuai dengan waktu yang direncanakan sehingga akan menutup semua alasan bahwa Pemerintah Kabupaten Jayapura belum mampu memberi pelayanan cepat kepada masyarakat terutama yang memiliki akses jauh dan lain sebagainya.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *