Kominfo Gelar Evaluasi SPBE Dan Sosialisasi Pembentukan PPID

Sentani, Jpr – Pemerintah Kabupaten Jayapura melalui Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Jayapura menggelar sosialisasi pembentiukan PPID (Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi) dan menggelar evaluasi SPBE (Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik) yang berlangsung di Aula Lantai I Kantor Bupati Jayapura, Gunung Merah, Sentani, pada hari, Selasa, tanggal, 31 Juli 2018.

Asisten II Bidang Perekonomian Setda Kabupaten Jayapura, Eddy Susanto, mengatakan, informasi merupakan kebutuhan mendasar setiap orang sebagai pengembangan pribadi dan juga lingkungan sosialnya, serta merupakan bagian penting bagi pertisipasi atau pelibatan masyarakat dalam proses pengembalian keputrusan publik guna ketahanan nasional.

“Sekarang ini sistem pengelolaan pemerintahan sudah didorong pada sistem elektronik, maka sudah seharusnya Kabupaten Jayapura itu melakukan evaluasi sistem pemerintahan berbasis elektronik atau SPBE tersebut.  SPBE ini biasa disebut dengan e-Government, sehingga nanti apa yang dilakukan dengan sistem elektronik ini sesuai dengan ketentuan-ketentuan yang berlaku atau telah ditetapkan. Hal ini sudah diatur dalam Peraturan Menteri PANRB nomor 5 tahun 2018 tentang pedomaan evaluasi system pemerintahan berbasis elektronik (SPBE). PPID inilah yang akan mengelola, mana informasi-informasi yang bisa disampaikan kepada masyarakat (Publik). Sehingga publik nantinya bisa mengetahui apa yang dilakukan oleh pemerintah daerah, termasuk juga dengan pengaduan-pengaduan masyarakat bisa ditangani serta ditindaklanjuti dengan baik,” tutupnya.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *