Sentani, diskominfo.jayapurakab.go.id – Mesak Abiserai selaku Kepala Urusan kesejahteraan Rakyat (KAUR KESRA) di pemerintah Kampung Yongsu Desoyo menjelaskan awal pembangunan tower ini BTS indosat berjalan atau dibangun hingga dioperasikan layanan ini bagi masyarakat, fasilitas indosat ini berjalan baik dan masyarakat juga Aparat pemerintahan Kampung maupun Distrik merasa senang bisa berkomunikasi. Namun berjalanya waktu fasilitas ini mengalami penurunan kualitas layanan sejak Bulan Februari kemarin. Itu seperti sinyal dan internet yang sering hilang atau putus-putus saat di gunakan, hingga saat ini sudah tidak dapat di gunakan.”
Mesak mengatakan “ untuk jumlah KK di Kampung Yongsu Desoyo ini ada 97 KK dan untuk jumlah jiwa sendiri ada kisaran 760’an jiwa. Dari jumlah jiwa atau warga ini yang menggunakan Handphone Android Hampir untuk Kalangan remaja hingga orang Dewasa bisa di bilang 80% yang menggunakan. Karena sebelumnya masyarakan menggunakan HP namun untuk di gunakan itu mereka saat di kota atau ke tempat yang ada sinyal di pesisir Ravenirara ini, jadi cukup banyak yang menggunakan handphone( HP).”
Lanjut Mesak Abiserai mengatakan “ sejak terputusnya akses layanan fasilitas ini, masyarakat sangat kecewa. Karena kita di sini adalah distrik, kita mau supaya fasilitas ini harus berfungsi dengan baik, sebab ada beberapa fasilitas lain juga yang membutukan jaringan ini seperti Puskesmas ‘ maksudnya apabila ada pasien yang membutuhkan pertolongan mendesak, kita bisa komunikasi ke kota langsung’ dan juga ada pemerintah dari kabupaten yang mau berkunjung ke sini, kami di sini bisa persiapkan hal-hal yang nantinya di butuhkan oleh pemerintah’ seperti itu.”
Terkait Tower BTS ini, “ jika nanti sudah di perbaiki jaringan ini, di harapkan kepada pihak indosat untuk melatih tenaga yang di percayakan menjaga tower ini supaya ada gangguan-ganguan di tower dapat di selesaikan oleh penjaga tower yang ada. nantinya kalau kerusakan parah baru biar tim teknis dari indosat yang periksa di mana kerusakannya.”
Mewakili pemerintah kampung dan masyarakat, Mesak Abiserai berharap. “ Untuk pihak indosat atau pihak terkait lainnya bisa Bersama-sama memikirkan untuk bagaimana supaya fasilitas ini bisa di fungsikan dengan baik kembali sehingga dapat membantu masyarakat maupun pegawai Distrik atau puskesmas untuk memanfaatkan layanan jaringan indosat ini.”
Dirinya juga berterima kasih kepada Kominfo Kabupaten Jayapura bapak Gustaf Griapon dan Staf yang sudah lakukan monitoring tower-tower BTS di pesisir Ravenirara dan nantinya setelah monitoring ini Beliau akan membicarakan hal ini dengan pihak indosat untuk dapat melihat dan menyelesaikan masalah Komunikasi yang terjadi di Distrik Ravenirara ini. (**)
Masyarakat dan Pemerintah Distrik Kesulitan Komunikasi Akses Informasi.
Kepala Urusan kesejahteraan Rakyat (KAUR KESRA) Kampung Yongsu Desoyo, Mesak Abiserai